Foto #4 The Man Behind The Gun

Ungkapan di atas diambil dari judul sebuah film western (baca: koboi) tahun 1953. Kata “The Gun” dalam frasa di atas memang literally refers to a gun alias senjata/pistol. Tapi istilah tersebut sudah digeneralisasi untuk menunjukkan seseorang yang berada di balik sebuah perangkat atau alat tertentu.

Dalam bidang fotografi, yang namanya kamera sekarang sudah bisa dijangkau dari semua lapisan masyarakat, baik itu “kamera seadanya” sampai “kamera semuanya ada”. Belum lagi integrated camera… di ponsel, smartphone, tablet. Malah sudah ada spy-cam yang “ditanam” di dalam pena, pin dasi, tas, asbak, dll. Tapi… untuk fotografi, sesuai namanya, spy-cam saya rasa bukan “senjata” yang tepat.

Sekitar 6-7 tahun lalu, saya pernah berniat membeli sebuah kamera digital. Seperti biasa saya melakukan survey terlebih dahulu. Target saya adalah sebuah produk kamera murah, merk kelas atas, tapi tipe/varian kelas bawah. Saya sempat terpesona karena melihat hasil jepretan kamera tersebut luar biasa memanjakan mata! Setelah saya selidiki, ternyata foto-foto itu diambil oleh bukan orang awam, melainkan salah satu fotografer profesional. Dari situ saya mulai paham, Faktor “the man behind the gun” adalah faktor utama kualitas suatu hasil karya. Akhirnya saya nggak jadi membeli kamera tersebut, karena saya tau diri, si fotografer itu punya “kekuatan” lain yang tidak saya miliki. Saya kan bisanya cuma jepret dan edit pake instant software.. 😀

Bukan cuma fotografi… hampir sebagian besar kegiatan yang membutuhkan tools (baik itu perangkat keras maupun lunak), jika tidak dihandle oleh ahlinya, maka hasilnya tidak akan maksimal. The Man Behind The Gun ini nggak hanya harus bisa paham cara pakai, tapi juga paham bagaimana cara kerja, dan harus punya sense, chemistry, atau passion terhadap apa yang dia tekuni melalui perangkat tersebut. Jika semua syarat sudah terpenuhi… tinggal tunggu waktu sebuah masterpiece akan lahir.

Kalo yang satu ini, saya cuma mau kasih judul… “The Boy Behind The Gun

the boy behind the gun 

Gun: S880
Bomb: KD Collage (free app from Google Play)

Silahkan...