Lajur Khusus Non Tunai

Ada fenomena baru yang saya alami 2 hari terakhir ini. Itu lho… tentang gerbang tol otomatis alias GTO, hasil kolaborasi antara Bank Mandiri dan Jasamarga. Saya tiap hari melintasi gerbang tol Pondok Ranji, bolak-balik dari arah Serpong ke Jakarta Selatan. Di gerbang tol Pondok Ranji kalau tidak salah ada 6 (kadang 7) gerbang tol, alhamdulillah pada jam sibuk semuanya beroperasi.

Awalnya, dari 6 pintu tol tersebut, ada 1 lajur khusus uang pas… ini adalah lajur favorit saya karena memang cepat, sret..sret..ngasih uang langsung tancap gas. Kadang ada juga pengendara yang “bandel” ngga punya uang pas tapi ngotot masuk ke lajur ini, alasannya… masa loket itu nggak punya uang kembalian?? Bukan uang kembalian permasalahannya, tapi efektifitas waktu pelayanannya. Saya pernah iseng-iseng hitung kasar perbandingan waktu antara bayar uang pas vs bayar dengan kembalian, perbandingannya rata-rata sekitar 4:7.. hampir setengah. Maksudnya dalam satu waktu, jika gerbang tol normal bisa melayani 4 kendaraan, maka gerbang khusus uang pas bisa hingga 7 kendaraan.

Kemudian ada lagi yang namanya Gerbang Tol Otomatis. Dulu… gerbang ini jumlahnya hanya ada satu. Dan relatif sepi. Artinya dari total 6 gerbang tol, ada 1 lajur khusus uang pas, 2 lajur khusus Otomatis, dan 3 lajur normal. 2 lajur GTO ini relatif sepi dibandingkan yang lain. Malah kadang kosong.

26032012785

Saya sendiri belum kepikiran untuk pake kartu bayar tol otomatis alias e-Toll Card tersebut. Alasannya:

  1. Saya masih sering melihat Palang Otomatis-nya macet sehingga harus pake bantuan operator (baca: manual)
  2. Kemarin, saya lihat ada pengendara yang bermasalah dengan kartunya (mungkin saldo kurang atau tidak terbaca oleh scanner). Otomatis pengendara lain yang ngantri di belakang jadi emosi. Akhirnya ada salah satu pengendara yang turun dan “meminjamkan” kartunya sehingga Palang Otomatis terbuka dan mobil yang bermasalah tersebut bisa jalan. *capedeee
  3. Lewat lajur GTO masih sedikit lebih lama dibandingkan gardu uang pas! Ini yang bikin saya sedikit takjub.🙂 Ternyata lajur uang pas masih lebih efektif dari segi waktu.

Nah… sejak dibukanya 2 GTO di gerbang tol Pondok Ranji, bisa ditebak… antrian di lajur normal menjadi bertambah panjang. Masih sedikit pengendara yang “luluh” akhirnya membeli e-Toll card yang kebetulan memang ditawarkan oelh beberapa “sales” menjelang gerbang tol. Tapi… sebagian besar malah memilih ngantri di gerbang tol biasa, termasuk saya. Kesel iya. Karena bukannya mengurangi antrian, malah adanya tambahan GTO malah menambah panjangnya antrian. Yang diuntungkan hanya segelintir orang, yaitu orang yang mempunyai e-Toll Card.

Padahal… bukankah jalan tol itu milik bersama? Bukan milik Bank Mandiri?? Atau.. nasabah Bank Mandiri??

Saya adalah salah satu nasabah Bank Mandiri. Tapi strategi “jualan” ini sama sekali nggak bisa diterapkan untuk fasilitas umum seperti jalan tol. Ini sama saja dengan Bank Mandiri telah membeli 2 buah gerbang tol untuk keuntungannya sendiri. Egois. Saya nggak tau apakah e-Toll Card itu bisa digunakan oleh nasabah selain Bank Mandiri atau tidak. saya lebih setuju kalau GTO itu dikelola sendiri oleh Jasamarga dan bekerja sama dengan beberapa atau semua bank, tidak dimonopoli oleh satu bank tertentu.

Walaupun jumlah nasabah Bank Mandiri bisa dibilang sangat besar, tapi belum tentu semuanya

Update:

1. ternyata e-Toll card bisa diisi-ulang (top-up) dari rekening bank mana saja… Tapi.. yaaa itu.. masih sering bermasalah juga isi ulangnya

2. lajur uang pas udah ditiadakan..🙂

3. kalopun saya punya eToll Card, saya ngga akan pake gerbang toll khusus… saya akan pake gerbang tol biasa, eToll card kan bisa dipakai di gerbang tol biasa. Kalo macet, tinggal kasih cash..😀

One thought on “Lajur Khusus Non Tunai

  1. Makasih artikelnya, jadi ada referensi buat TA, dari tadi nyari data jumlah gardu tol pdk ranji seblm ditambah jumlahnya (seperti skrg ini) hehehe… salam teknik sipil

Silahkan...

