Google Drive Pilihanku, Meski Belum Sempurna

Cloud Storage… istilah yang sudah tidak asing lagi. Kalo mau diartikan secara harfiah, Cloud Storage adalah Penyimpanan di Awan. Kenapa pake istilah “awan”? Wallahu a’lam…😀 Saya ngga mau pusing dengan istilah itu. Yang jelas Cloud Storage itu adalah menyimpan file-file apa saja ke dalam server dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja, yang penting ada koneksi internet. Tidak hanya menyimpan, tapi cloud storage bisa melakukan sinkronisasi dengan file-file yang ada di local hardisk kita.

image

Misalnya nih… folder MyDocument yang ada di laptop saya disinkronkan dengan Cloud Storage, jadi setiap saya melakukan perubahan apapun di dalam folder MyDocument, file-file yang ada di server/storage ikut terupdate.

Apa latar belakang saya menggunakan Cloud Storage?

Pertama, karena saya sering “bekerja” di rumah dan di kantor, mengakses dan mengupdate file yang sama. Di rumah saya menggunakan netbook, di kantor desktop PC. Awalnya saya menggunakan external hardisk sebagai “working storage”, artinya semua file pekerjaan disimpan dan diupdate langsung ke external hardisk. Tapi…. itu sangat berisiko… kalo hardisknya ketinggalan misalnya, atau paling buruk (amit-amit na’udzubillah) hardisknya hilang.. (banyak kasus soalnya)… itu sudah seperti mengalami “kiamat sughra”🙂

Dengan Cloud Storage, saya tinggal meng-sinkronisasikan folder yang ada di rumah maupun yang ada di kantor ke storage yang ada di server. Jika saya melakukan update salah satu file di kantor, maka file yg dirumah juga akan terupdate sesuai dengan yang disimpan terakhir.

image

Nah… itu dulu aja sekilas mengenai Cloud Storage. Sekarang, di mana saja kita bisa menyimpan file-file secara gratis? Awalnya kandidat saya ada 3: DropBox, Microsoft Skydrive, dan Google Drive.

Saya sebenarnya tertarik dengan Microsoft Skydrive, alasannya.. karena kapasitasnya yang besar (7 GB versi gratis), dan kalo mau upgrade (nambah kapasitas) biayanya ngga mahal, kalo ngga salah sekitar $9 setahun untuk tambahan 20 GB?? Trus terintegrasi ke software milik Microsoft misalnya Office juga lebih baik. Tapi…. sayang sekali, karena SkyDrive ngga bisa diinstall di OS WIndows XP… sementara PC di kantor masih pake Windows XP.

Trus… DropBox…saya sebenarnya nggak punya masalah dengan DropBox, tapi saya cuma khawatir dengan kelangsungan hidup DropBox. Maksud saya, dibandingkan dengan Microsoft dan Google, tingkat kepercayaan user pasti lebih tinggi jika memilih Microsoft atau Google, jadi ngga ada rasa was-was jika kita ingin menyimpan file apalagi untuk jangka waktu yang cukup lama. Saya memang berniat menggunakan Cloud Storage untuk jangka panjang.

Nah.. akhirnya dengan terpaksa saya memilih Google Drive. Google Drive ini, yaaa so-so lah… not bad not good… sedang-sedang saja. Untuk kapasitas, 5GB gratisan masih muat. Kalo mau upgrade juga ngga mahal-mahal amat, 25rebu sebulan udah dapat tambahan 20 GB. Cuma… ada sedikit “masalah”. Gini nih ceritanya..

 

Misalnya saya punya satu file, sebut saja namanya Mawar.doc. File ini saya buat di rumah, dan saya upload/sync ke Google Drive. Kemudian, di kantor, folder di local hardisk saya masih kosong. Setelah disinkronkan, file Mawar.doc pun tersimpan di folder yang sudah dipilih sebelumnya. Trus, file ini saya edit sana sini, dan di simpan lagi (ditimpa). Secara otomatis, file ini seharusnya disinkronkan dengan file yang ada di server.

Di sinilah masalahnya muncul…. file Mawar.doc yang  ada di server, tidak di-replace oleh file Mawar.doc yang sudah saya update di kantor. Malah, si Google Drive membuat satu file baru bernama Mawar[Conflict].doc di server. Memang ngga semua file digituin, tapi cukup banyak file yang sudah saya sinkronkan akhirnya diduplikasi dengan tambahan nama [Conflict]. Yaaa..jelas saja selain bikin bingung, itu juga pasti makan ruangan yang banyak.

Ini nih contohnya..

image

File Size dan Date Modified-nya sama… kan jadi bingung, file yang valid yang mana.😀

Terlepas dari itu, saya tetap pilih Google Drive. Kalo suatu saat nanti komputer di kantor diganti menjadi WIndows 7, saya mau pindah ke SkyDrive..😀😀😀

Silahkan...

