Migrasi Listrik Prabayar, Alhamdulillah “Memuaskan”

Ternyata migrasi ke listrik prabayar nggak susah🙂 Yang susah pas mau bayar aja.

Begini kronologisnya:

Jumat, 21 September 2012, saya menghubungi call center PLN di 123, diterima oleh petugas yang mengaku bernama Ali. Tanpa basa-basi saya langsung mengajukan 2 permohonan:

  1. Migrasi ke listrik prabayar
  2. Nambah daya dari 2200W menjadi 3500W

Mohammad Ali

Setelah dihitung menggunakan kalkulator khusus, Bung Ali menyebutkan biaya yang harus saya bayarkan sebesar sejuta lebih dikit. “Dikit” yang saya maksud adalah kurang dari 50ribu rupiah.🙂

Setelah itu Bung Ali menyebutkan beberapa poin sbb:

  • penggantian akan dilaksanakan dalam waktu 5 hari kerja sejak pembayaran dilakukan
  • pembayaran dapat dilakukan melalui bla..bla..bla… saya nggak hapal, yang saya ingat hanya ATM BCA.
  • saya hanya perlu menyiapkan struk bukti pembayaran dan fotokopi KTP
  • Bung Ali menginformasikan nomor registrasi, dan nomor-nomor yang lainnya. Nomor registrasi ini yang penting, karena nomor ini harus diinformasikan ketika mau melakukan pembayaran.
  • lamanya penggantian/pembongkaran dan pasang meteran baru, kurang dari sejam

Setelah itu telepon ditutup. Saya pun berniat melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri Internet Banking. Setelah berjibaku beberapa saat, ternyata nggak bisa! Saya pun menelpon balik ke PLN 123, dan diterima oleh seorang petugas yang saya lupa namanya, sebut saja namanya Mawar, soalnya dia wanita.

Mbak Mawar menginformasikan kalo memang ngga bisa lewat Internet Banking Mandiri, yang bilang bisa siapa??😀

Akhirnya saya meminta informasi ulang, dan Mbak Mawar membacakan dengan cepat dan ngga boleh diulang. Saya hanya menangkap dua informasi… BCA dan Niaga! Aha… Saya pun memilih ATM Niaga. Dan… berhasil! Struknya saya simpan.

Saya melakukan pembayaran di hari Jumat, artinya instalasi akan dilakukan di hari Jumat depan. Tapi, hari Rabu, konon katanya ada petugas PLN yang datang ke rumah, tapi hanya ngasih info kalo dia belum bisa pasang hari itu karena alatnya belum datang. Mungkin yang dia maksud adalah meteran listrik yang baru.

Hari Kamis, dia ngga datang. Jumat pagi dia datang lagi, tapi sudah menjelang shalat Jumat, dan katanya mau balik lagi setelah Jumatan, dan ternyata dia ngga muncul-muncul.

Hari Sabtu 29 Sept 2012, saya keluar rumah sejak pagi, begitu pulang siang, meteran listrik sudah diganti.😀

290920121225

Di satu sisi keterlambatan sehari ini seharusnya bisa dikomplain, tapi di sisi lain saya ngga mau komplain, karena sejak sepekan sebelumnya, Jumat malam 21 Sept 2012, meteran listrik yang lama rusak karena ada kabel yang berpijar. Dan sejak malam itu petugas PLN mem-bypass arus listrik ke rumah saya tanpa melalui Spin Control atau pencatat meteran yang ada, hanya lewat pengaman MCB saja. Artinya… saya pake listrik gratis selama seminggu penuh.😀

210920121219

Alhamdulillah… memuaskan.😀

One thought on “Migrasi Listrik Prabayar, Alhamdulillah “Memuaskan”

Silahkan...

