Nokia, Masih Mainstream?

Sudah bertahun-tahun berlalu sejak orang-orang berbondong-bondong meninggalkan era Nokia menuju jaman reformasi, era perang dunia antara Blackberry, Android phones, dan Apple’s iPhone… Sebenarnya saya berat menuliskan Blackberry di sini, tapi memang fakta di pasar menunjukkan Blackberry juga tersebar dengan sukses di mana-mana. Saya sendiri ngga begitu paham apa yang sudah dilakukan oleh Blackberry.🙂 (*juragansadis*)

Pada jaman dahulu kala, di awal kelahiran telepon seluler, era 1G, Motorola yang menjadi raja telepon analog. Begitu teknologi digital (2G) ditemukan, motorola masih asyik dengan 1G-nya. Nokia mengambil target di 2G, dan terbukti berhasil menjadi legenda. Bahkan memasuki era 3G, 3.5G, CDMA dkk, Nokia sepertinya sulit dikalahkan. Ketika teknologi terus berkembang, kebutuhan komunikasi tidak hanya sekedar suara dan pesan singkat, tapi juga data, dokumen, file gambar, file audio, dan video. Nokia dengan Symbiannya begitu tangguh. Buktinya sampai sekarang guyonan orang-orang mengenai produk-produk legenda Nokia masih sering terdengar.

iphone_vs_nokia3310   Taking-picture-with-Nokia-3310...

 

Saya termasuk satu dari orang-orang yang “waktu itu” tidak merasa “wajib” memiliki ponsel Nokia. Malah yang sempat saya cicipi adalah brand yang bisa dibilang kelas 2 pada masa itu. Sebut saja, Siemens C35, ponsel yang ngga ada matinya. Maksud saya walopun baterenya sudah habis dan dalam posisi off, suara dering lowbatt-nya yang menyebalkan itu masih bisa keluar! Ajaib!

Setelah itu saya pindah ke LG,.. W3000… lagi-lagi keluar jalur. Setelah kecopetan di bus, saya beralih lagi ke BenQ-Siemens, lagi-lagi kecopetan di Kopaja. LG KU-250 adalah “handphone” terakhir yang saya gunakan. Handphone itu benar-benar pensiun di tangan saya, dipake sampe ngga bisa dipake lagi.😀 Di masa itu juga, kejayaan Nokia sudah mulai punah… wabah Blackberry bermunculan di mana-mana. iPhone belum banyak kedengaran karena masih “eksklusif”. Android sudah mulai menguncang.

Trus?… Saya sendiri? Jujur saja, waktu itu saya memang mengincar beberapa ponsel (smartphone) android, sudah ada 3 kandidat: Motorola, HTC, dan satu lagi lupa. Tapi…. entah kenapa waktu jalan-jalan di sebuah “lapak” handphone, untuk pertama kalinya saya “terpikat” oleh Nokia. Yang bikin terpikat adalah, Nokia ini sebenarnya bukan Nokia… nggak pikir panjang langsung dibeli dengan program cicilan 0%… hahaha.

nokia-n900

Tidak lama setelah itu, saya menerima handphone “warisan” dari seseorang yang sangat spesial…. Handphone-nya Nokia juga!!

E72-main

Jadi.. ketika Nokia sudah nggak mainstream lagi, saya malah baru berkenalan dengan Nokia. Dan…setelah diobok-obok lebih dalam, saya baru mengakui kalo dari sisi hardware, Nokia memang nggak kalah dengan yang lain, malah di beberapa item, Nokia menurut saya lebih unggul jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Yang patut dikasihani adalah Nokia (dulu) terlalu bangga dengan Symbian-nya, sementara Symbian sudah mentok ngga bisa lagi diapa-apain.

“Untungnya” ada Microsoft… Sebagai sesama pihak yang “tertinggal”, keduanya memang pasangan yang pas dan sangat potensial untuk memunculkan smartphone berkualitas. Mungkin sudah sulit untuk merebut pasar yang lagi seru diperebutkan oleh Google dan Apple. Nokia punya hardware yang udah ngga diragukan lagi kualitasnya, Microsoft sudah banyak makan asam garam di dunia OS, software, dan aplikasi. Tinggal menunggu saja. Saya pribadi sih punya sedikit harapan pada Nokia Windows Phone. Sebagai seorang civil engineer, yang tiap hari berkutat dengan software engineering under Windows, tentu rasanya lebih mantab kalo ada mobile OS yang bisa mendukung pekerjaan engineering tersebut. Dan Windows Phone sepertinya punya lebih punya potensi ke arah situ. Android dan iOS sih sudah punya beberapa aplikasi civil engineering, tapi rasanya gimana gitu.. belum bisa membuat saya berkata WOW.

 

2 thoughts on “Nokia, Masih Mainstream?

Silahkan...

