Produk Investasi dan Simpanan Terbaik

sedekah Kalo mau ngomongin investasi harta khususnya uang, sebenarnya saya bukan ahlinya. Saya juga selalu mencari produk investasi apa yang paling baik. Akhirnya setelah nanya sana-sini, baca sana-sini, dengar sana-sini… saya cuma bisa menuliskan ringkasan urutan produk investasi dan tabungan dari urutan paling bawah sampai paling tinggi. Kira-kira, kalo punya uang berlebih, sebaiknya disimpan di mana?

  1. Tabungan di bawah kasur atau di dalam lemari.
    Tabungan ini tingkat keamanannya sangat rendah, nilai returnnya tidak ada, dan tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu untuk melakukannya. Tabungannya bisa diambil kapan saja.
  2. Celengan, kotak penyimpanan, dan sejenisnya.
    Kalo yang ini tingkat kemanannya sedikit lebih tinggi daripada nyimpan uang di bawah kasur. Tidak mempunyai nilai tambah (return), dan tidak bisa diambil kapan saja. Untuk kemanan yang lebih tinggi, orang biasanya menggunakan brankas kecil atau sejenisnya.
  3. Tabungan di Bank
    Ini yang mungkin paling banyak dilakukan orang. Mudah, simpel, tingkat keamanan tinggi, mempunyai nilai tambah walaupun sangat kecil. Orang memilih tabungan bank hanya karena faktor keamanan saja. Sementara nilai tambahnya tidak diperhatikan, soalnya tabungan di bank itu hanya sekedar nyimpan uang untuk dapat diambil sewaktu-waktu. Jadi, tujuannya adalah perlindungan uang untuk jangka sangat pendek. Modal sedikit.
  4. Deposito
    Bedanya deposito sama tabungan biasa adalah nilai returnnya. Deposito lebih tinggi. Tapi, konsekuensinya deposito ngga bisa ditarik seenaknya. Ada jangka waktu tertentu. Tingkat keamanan tinggi. Risiko kecil. Modal lebih tinggi dari tabungan.
  5. Perhiasan/Emas/Valas/dsj
    Mengubah uang dalam bentuk perhiasan juga termasuk pilihan. Nilainya cenderung bertambah, apalagi untuk jangka panjang. Manfaat atau pencairannya agak repot, harus ke toko perhiasan jika kita ingin mendapatkan manfaatnya. Risikonya tergantung, bisa dipikul sendiri (disimpan di rumah), atau nyewa Safe Deposit Box atau brankas di bank atau sejenisnya, tentu keluar biaya lagi. Modal semampunya.
  6. Tanah/Rumah/Properti
    ”Menabung” dalam bentuk membeli properti atau tanah juga tidak sedikit dilakukan. Nilai returnya tinggi, terutama untuk jangka panjang. Risiko sedang. Butuh modal relatif besar. Tapi, relatif lebih menguras energi terutama dari segi waktu dan tenaga.
  7. Obligasi dan Surat Berharga
    Kalo yang ini saya belum pelajari. Yang jelas nilai tambahnya agak tinggi. Risiko rendah. Modal relatif sedang.
  8. Reksadana
    Reksadana ini rentangnya sangat besar mulai dari risiko tinggi sampai rendah, berbanding lurus dengan nilai returnnya. Nilai return tinggi, risiko tinggi, begitu pula sebaliknya. Reksadana ini kombinasi antara surat berharga dan saham. Komposisinya aja yang diubah-ubah, apakah mau dominan surat berharga, atau saham… atau seimbang.
  9. Saham
    Saham risikonya paling tinggi. Tingkat stressnya juga tinggi. Tapi, keuntungannya juga sangat tinggi.
  10. Buka Usaha
    Modal bervariasi, tergantung jenis usaha. Risiko bervariasi, tergantung cara berusaha. Nilai tambah alias keuntungan bervariasi, tergantung strategi berusaha.
  11. Infaq dan Sedekah
    Ini adalah produk investasi yang terbaik yang pernah saya temui. Keuntungan dan manfaat sangat banyak. Modal sangat kecil.
    Hebatnya lagi, paling tidak sudah ada yang pernah mengalami kerugian di tiap-tiap bentuk investasi atau tabungan yang lain. Tapi, saya belum pernah mendengar ada orang yang jatuh miskin gara-gara rajin sedekah. Dan menurut saya, orang yang paling kaya adalah orang yang paling banyak dan paling rajin bersedekah.😀

sedekah masalah buat lo

Inti sedekah itu adalah “dari siapa sedekah itu mengalir”, bukan “ke mana sedekah itu mengalir”. Kita ngga usah pusing uang yang kita sedekahkan nanti mau dikemanakan, mau digunakan untuk apa, dll. Just sedekah! Udah.. tinggalkan uang itu di sana. Secara “fisik” uang itu sudah tidak lagi berada di tangan kita. Tapi secara “batin” kita baru saja melipatgandakan nilai uang itu dengan faktor pengali yang hanya Allah yang tau. Dan nilai manfaat itu akan dikembalikan kepada kita dalam bermacam-macam bentuk:

  • bisa berupa uang atau harta lagi yang lebih banyak
  • bisa berupa kesembuhan, kesehatan, keselamatan dari musibah, atau hal-hal lain yang menghindarkan kita dari pengeluaran uang yang banyak
  • bisa berupa ketenangan pikiran menyelesaikan pekerjaan sehingga nggak stress lagi😀
  • bisa berupa kemudahan menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi
  • yaa.. silahkan sebut saja apa nikmat, rejeki, atau pertolongan yang kita alami, bisa jadi itu adalah nilai return dari sedekah kita yang lalu

Hari ini, hari Jumat… hari raya umat muslim… hari memperbanyak amal ibadah… hari di mana banyak kotak amal yang terisi… Rasanya rugi jika kita melewatkan hari ini tanpa sedekah. Apalagi… nggak ada jaminan kita masih bisa menikmati Jumat berikutnya.
Selamat hari Jumat, selamat bersedekah.

*target jangka pendek: tiada Jumat tanpa sedekah

*target jangka panjang: tiada hari tanpa sedekah

7 thoughts on “Produk Investasi dan Simpanan Terbaik

  1. hebatttt, baru kali ini ane liat artikel sebagus ini , ane doain ente semoga tambah sukses aamiin…

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s