Peta Online. Pilih Yang Mana?

Old Maps

Jaman dulu, peta dibuat di atas kertas dan isinya pun bisa dibilang sangat kasar. Hanya kerajaan atau pemerintah yang membuat peta, dan tujuannya adalah untuk kepentingan politik, strategi perang, menentukan batas wilayah, atau sekedar menggambarkan posisi dan keadaan alam di wilayah tersebut,

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau doeloe Indonesia dijajah oleh Belanda, jadi peta wilayah Indonesia pun di-generate oleh pemerintah Belanda. Ternyata menggambar peta wilayah Indonesia itu tidak gampang…

Old Indonesia 2

Old Map of Indonesia

Old Map Indoensia

Old Indonesia 1

Mungkin anda berpikir… “kayak gambar anak SD”..😀 Tapi, setidaknya prediksi mereka terhadap “bentuk” daratan dan lautan sudah mendekati yang sebenarnya, apalagi kalo dipikir-pikir peralatan ukur jaman itu apa adanya, cuma pake tombak dan kompas😀

Eniwei… jaman sekarang bukan jaman kertas lagi. Peta online sudah tersedia dengan mudah. Ada yang bisa diakses lewat internet, ada pula yang sudah “tertanam” di dalam perangkat-perangkat mobile yang canggih, sebut saja smartphone.

Penyedia layanan peta di internet cukup banyak, tapi setidaknya ada beberapa yang paling sering digunakan orang. Yang pertama adalah google maps, kemudian ada yahoo maps. Microsoft ngga mau kalah dengan Bing maps-nya. Nokia, walopun sudah ada kerjasama dengan Microsoft, tapi Nokia ternyata punya layanan peta tersendiri, dulunya disebut Ovi Maps, sekarang Nokia Maps. Semua yang saya sebutkan di atas bisa diakss lewat browser di komputer. Ada 2 lagi penyedia layanan peta, iOS Maps dan Blackberry Maps. Keduanya hanya bisa diakses lewat perangkat masing-masing.🙂

Nah… bagi saya pribadi hanya ada 2 hal yang penting yang harus sah di dalam sebuah peta: TEPAT dan UPDATE.

Tepat, maksudnya layout jalan yang ada harus benar-benar sama dengan yang sebenarnya. Jangan sampai di peta ditampilkan jalan, tapi di lapangan tidak ada jalan. Kalau kasusnya sebaliknya, di peta tidak ada jalan, tapi sebenarnya ada jalan, mungkin salah satu faktornya karena belum diupdate.

Update, maksudnya kondisi peta yang kita lihat setidaknya sudah sesuai dengan kondisi sekarang, terutama untuk keberadaan gedung atau bangunan-bangunannya.

Contoh kecil, saya membandingkan 4 buah peta yang menunjukkan lokasi daerah di sekitar rumah saya.😛

1. Google Maps

image

2. Yahoo Maps

image

3. Nokia Maps

image

4. Bing Maps

image

Dari hasil pengamatan saya, ada beberapa poin yang bisa dipetik:

  • Untuk tampilan satelit, ternyata Bing Maps lah yang paling up-to-date. Coba perhatikan deretan rumah yang ada di tengah peta di atas. Di antara keempat peta tersebut, hanya Bing Maps yang beda sendiri. Deretan rumahnya lebih banyak. Memang. Sekarang ini di wilayah itu sudah penuh oleh rumah, sementara di peta Google, Nokia, dan Yahoo, masih terlihat ada lahan kosong.
  • Google, petanya paling kacau… layout jalan dengan sebenarnya tidak match, dan ada layout jalan yang sebenarnya tidak ada di lapangan.
  • Yahoo dan Nokia, saya ngga tau siapa mencontek siapa, tapi gambarnya sama persis. Yang beda hanya fiturnya. Dan kalo mau diadu, fitur Nokia Maps lebih unggul, jauh. Terutama view 3D-nya
    image image
  • Selain Yahoo, Google dan Bing juga punya fitur 3D.
    Untuk Google, kita tinggal mengaktifkan option WebGL-nya, biar 3Dnya bisa muncul. Trus, kalo mau jalan-jalan virtual di kota-kota besar di dunia, tinggal drag & drop icon 
    image
    image
    image
  • Sementara fitur 3D pada Bing, unggulannya adalah Streetview, mirip dengan Google. Tapi, kita harus install dulu software pendukung dari Microsoft, namanya Silverlight… gratiss.
    image
    image
    image

Kesimpulan:

Untuk navigasi di Indonesia, saya pilih Nokia Maps, sementara kalo mau “keliling dunia” saya masih nyaman dengan Google.

nb: ada juga satu Ensiklopedia peta yang cukup berguna kalo mau nyari tempat-tempat yang tidak terdeteksi oleh penyedia layanan peta online di atas, namanya Wikimapia. Tapi, wikimapia “meminjam” peta milik Google🙂 Ajaibnya, Wikimapia ini bisa sampai menampilkan batas-batas wilayah, entah itu batas kecamatan, kelurahan, perumahan, perkantoran, rumah, bahkan lahan milik beberapa juragan tanah juga sudah dipatok di wikimapia!

2 thoughts on “Peta Online. Pilih Yang Mana?

  1. Semua fitur diatas ada di Google maps, sedangkan Apple maps dan Nokia maps jauh dibawah itu sedangkan nokia maps menang dari sisi offline map dan turn by turn navigationnya. Jika mau digambarkan, kualitas Apple maps sama dengan google maps 5 tahun yang lalu, Apple maps bahkan kalah jauh dibanding Nokia maps yang sudah berpengalaman memberikan layanan peta selama lebih dari 10 tahun.

  2. Perkembangan dan kecanggihan teknologi saat ini telah berdampak kepada New Media. Dimana pada zaman dulu jika kita ingin pergi atau mencari suatu tempat, kita harus menelurusi menggunakan peta kertas yang terkadang harus dibaca berulang-ulang karena gambarnya yang sangat rumit. Tetapi saat ini zaman bukan zaman kertas lagi. Peta online sudah tersedia dengan mudah, dimana peta online tersebut bisa mendeteksi lokasi dengan sendirinya atau secara otomatis. Ada yang bisa diakses lewat internet, ada juga yang memang sudah tersedia di dalam perangkat smartphone. Penyedia layanan peta online juga cukup banyak, yaitu Google Maps, Yahoo Maps, Bing Maps, dan Nokia Maps dan lain-lain. Namun diantara penyedia layanan peta online tersebut, ternyata tidak semua menunjukkan ketepatan dan terbaharui (up to date) lokasi. Jadi intinya perkembangan New Media yang ada saat ini belum dapat dipastikan kebenarannya.

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s