Medical Check Up

Sudah sekitar 4 tahun terakhir saya rutin melakukan medical check up, cek kolesterol tiap 6 bulan sekali, dan check up yang lebih komplit setahun sekali. Itu pun ngga komplit-komplit amat karena saya cuma fokus ke jantung. Maklum, ada riwayat penyakit jantung. Almarhum ayah saya meninggal karena serangan jantung sewaktu berolahraga. Ironis ya? Katanya olahraga bisa menjaga jantung, kok malah sebaliknya. Hehehe… jangan dipotong dulu, soalnya olahraga yang dilakukan oleh ayah saya adalah tenis, salah satu yang “diharamkan” bagi penderita penyakit jantung.

Paket Jantung Sehat

RS Medika BSD, namanya memang tidak sepopuler rumah sakit yang ada di sekitarnya, misalnya RS Omni Alam Sutera, RS Eka Hospital, atau RS International Bintaro… tapi untuk RS Medika ini ternyata men-spesialisasi-kan dirinya di pelayanan jantung. Walopun pelayanan yang lain tetap ada.

Seperti tahun sebelumnya, saya mengambil paket termurah yang ada Treadmill-nya.🙂 Jam 7 pagi saya sudah stand by di sana. Tidak ada pasien lain😀

RS Medika BSD - MCURS Medika BSDSetelah mengisi biodata, inilah tahapan-tahapan yang saya jalani:

  1. Test darah pertama, diambil dari lengan. Syaratnya, harus puasa minimal 10 jam, hanya boleh minum air putih. Saya malah puasa 12 jam, jadi syarat terpenuhi. Tes darah ini untuk mengecek kolesterol, asam urat, gula darah puasa.
    Saya tahan disuntik, tapi tidak tahan melihat darah, jadi saya sedikit melakukan “hypno-theraphy” sewaktu diambil darahnya, misalnya tidak melihat ke arah lengan yg “ditusuk”, trus untung perawatnya pintar, dia ngajak ngobrol jadi suasana menjadi lebih rileks. Durasinya nggak lebih dari 15 menit. Yang lama waktu mempersiapkan peralatan, soalnya saya pelanggan pertama, dan “tokonya” baru buka.
    Ambil Darah
  2. Setelah itu saya disuruh makan dulu. Sudah disediakan nasi goreng dan teh manis. Dan setelah makan saya harus puasa lagi selama 2 jam, setelah itu ambil darah lagi.
  3. Sambil menunggu 2 jam, saya harus menjalani tes yang lain. Kali ini foto rontgen, untuk melihat kondisi paru-paru. Foto ini juga nggak lama, kurang dari 5 menit.
  4. Test berikutnya adalah Treadmill. Treadmill ini harus disaksikan langsung oleh dokter spesialis jantung. Jadi, saya harus menunggu sekitar 15 menit sampai dokternya tiba (siap) di ruangan.
    TreadmillSama seperti test treadmill biasanya, badan kita dipasangi detektor yang disambungkan ke perangkat komputer. Treadmill ini tujuannya untuk melihat kinerja jantung dan pembuluh pada saat aktifitas tinggi. Dalam test ini, kita disuruh berjalan di atas alat treadmill. 3 menit pertama dengan kecepatan rendah, 3 menit berikutnya kecepatan sedang dan 3 menit terakhir dengan kecepatan tinggi, hanya boleh berjalan, tidak boleh lari. Hasilnya… ngos-ngosan!😀
    Treadmill2 Hasil treadmill bisa langsung diketahui, dan dokter langsung menyampaikan ke kita. Alhamdulillah selama treadmill tidak ada keluhan berupa sesak atau nyeri di dada, kinerja jantung juga masih bagus. Sebenarnya ada keluhan saya yang tidak saya sampaikan: kaki pegel..😀
  5. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan EKG (Elektrokardiogram). Tujuannya untuk mendeteksi kinerja sel otot jantung. Mirip dengan Treadmill, pada EKG ini badan kita juga dipasangi alat untuk mendeteksi rekaman listrik dari kontraksi otot jantung. Tapi ada alat tambahan semacam penjepit dari logam yang dijepit ke semua pergelangan kaki dan tangan. Saya semula menduga bakal ada sengatan-sengatan listrik kecil… ternyata nggak ada kok. Alhamdulillah, lancar dan nggak ada masalah.
  6. Ternyata masih ada waktu sekitar 45 menit sebelum pengambilan darah yang kedua. Tujuannya untuk mengecek gula darah setelah makan + puasa 2 jam Pengambilan darah kali ini cukup dilakukan di ujung jari, menggunakan alat test gula darah yang portable yang biasa dijual untuk umum.
  7. Selesai. Saya menerima hasilnya kira-kira 25 menit kemudian. Dan ternyata, ada beberapa 3 poin utama yang mendapat predikat WARNING. Kolesterol, gula darah after makan, dan asam urat! Dan, nasihat yang saya terima sama adalah nasihat standar: Jaga Makan dan Rajin Berolahraga.😀

 

*belum bisa olahraga nih… masih pilek…. (nyarialasan.com)

Silahkan...

