Rigging Stage Soundrenaline 2012

Keterangan judul: Rigging – suatu konstruksi rangka baja yang terbuat dari profil-profil baja yang kecil. Kira-kira bentuknya seperti ini

rigging

. Stage adalah panggung. Jadi, rigging stage adalah konstruksi struktur baja untuk assessori panggung.

502551_riggingstage

Sementara Soundrenaline , kata salah satu orang EO (Event Organizer) Soundrenaline yang saya temui, katanya Soundrenaline adalah “ibadah haji”-nya para musisi dan band Indonesia. Jadi, konser yang mereka jalani belum lengkap kalo belum ikut Soundrenaline.

Tahun ini, Soundrenaline 2012 digelar di beberapa kota, dan pamungkasnya dilangsungkan kemarin, dimulai dari siang sampai tengah malam. Lokasinya di Jakarta Coret, BSD, Serpong, Tangerang Selatan. Kira-kira sekitar 5 km dari rumah saya. Padahal info awalnya Soundrenaline ini akan digelar di lapangan Wisma Aldiron, Pancoran, Jaksel.

Emang juragan abis nonton soundrenaline?

Tentu saja tidak.😀 Sudah nggak cukup umur. Haha..Maksud saya, saya udah ngga semangat ikut gitu-gituan, walopun dulunya memang pernah ngerasain jadi anak band. Band jadi-jadian.🙂

Yang bikin saya semangat di Soundrenaline kali ini bukan ajang musiknya. Tapi, EO-nya memberi kepercayaan kepada saya untuk menghitung alias mengecek konstruksi rigging stage yang mereka desain. Jadi, mereka yang mendesain, dan saya diminta untuk mengecek kekuatannya, sekaligus memberikan informasi mengenai ukuran baja yang digunakan. Kenapa mereka sampai repot-repot mencari seorang structure engineer untuk masalah ini? Soalnya bentuk yang mereka desain memang nggak lazim… bentuk lengkung.

Oiya, proyek ini awalnya ditawarkan secara umum di halaman facebook duniatekniksipil, dan waktu itu sedikit yang merespon. Saya pun iseng menghubungi langsung si pemberi kerja, niatnya iseng. Saya cuma bilang kalo memang belum ada yang merespon, saya bersedia. Intinya saya memang sengaja menjadi “cadangan”. Si pemberi kerja alias si EO ini pun setuju menunjuk saya, dengan syarat ini sifatnya confidential, tidak perlu dibicarakan di publik.

v4 daylight stg bb2 rev1v5 night stg bb2 rev1v3 daylight stg bb2 rev1 

Setelah menerima gambar di atas, saya baru ngeh kalo itu adalah panggung Soundrenaline. Gambar di atas adalah basis desain dari panggung Soundrenaline tersebut. Intinya, saya diminta fokus ke struktur lengkungnya. Ini termasuk kasus unik, bahkan tanpa dibayar pun saya bersedia menangani proyek ini. (dasar maniak struktur!)

Tidak butuh waktu yang lama untuk melakukan analisis dan perhitungan desain. Yang agak lama adalah proses penggambarannya. Untuk detail perhitungan dan analisis akan saya share lain waktu di kamar sebelah, soalnya di sini bukan tempat yang tepat.

Rigging itu pun berdiri dengan kokoh.

Go A HEAD - STAGE Soundrenaline StageSoundrenaline Stage 03Soundrenaline Stage 02

soundre

Dan tadi malam, saya nyari-nyari “live info” di twitter tentang soundrenaline tersebut. Di dalam area sih aman. Tapi konon di luar area, sekitar pagar ternyata rusuh, soalnya yang boleh masuk hanya yang usia di atas 18 tahun. Yang ngga boleh masuk ternyata brutal sampai membakar tenda loket masuk, dan menerobos pagar.  

“di sini brutal, di sana brutal, di mana-mana selalu brutal…”

image

4 thoughts on “Rigging Stage Soundrenaline 2012

  1. mas broo,.. saya punya gambar 3d image stage sondre yg fix.. yg anda posting itu gbr2 yg blon ke approve.. hhe ” anywey tx dah nulis ttg sondre

  2. Pak.., heehehe.., mohon contoh hitungan rigging dunk.., gak da di “Kamar Sebelah”…

    thanks b4…

  3. Bos minta tolong kontruksi buat panggung regeng ukuran 8×10 dan butuh ukurane bahabe yg di buat brapa aja

Silahkan...

