Track Hot Wheels Buatan Sendiri

image

Saya dulu sama sekali ngga tertarik dengan Hot Wheels. Tapi, karena anak saya sudah tergila-gila dengan mainan mobil apa saja termasuk Hot Wheels, mau nggak mau saya juga terpaksa berkenalan dengan Hot Wheels. Saya kepikiran mau bahas sisi engineering dari Hot Wheels, tapi belum sekarang. Saya cuma mau sharing sebuah project yang baru saja saya selesaikan dalam 2 hari ini, membuat Track Hot Wheels dari kertas karton/duplex.

161220121464

Awalnya saya melihat gulungan karton duplex yang belum terpakai. Niatnya memang mau bikin track hot wheels sesuai dengan petunjuk yang ada pada salah satu majalah hot wheels. Tapi bentuknya kayaknya biasa aja. Saya langsung tertantang untuk membuat double-track untuk hot wheels. Konsep dasarnya langsung muncul, sebuah track menurun dengan 2 lengkungan. Saya langsung membuat pola lintasan vertikalnya, masing-masing untuk sisi kiri dan kanan.

image

Untuk langkah berikutnya, biarkan foto-foto di bawah yang berbicara…😀

  • Potongan pola persegi panjang yang ada di sebelah kanan pada gambar di bawah berfungsi sebagai “kolom” penyangga lintasan.151220121437
  • Pemasangan tiang-tiang penyangga dimulai dari ujung bawah.151220121438
  • Semua kolom penyangga sudah menempel di salah satu dinding. 151220121442
  • Di beberapa tempat saya pasang pengaku agar posisi kolom tegak lurus terhadap dinding. 151220121443
  • Sewaktu memasang dinding pada sisi yang satunya, saya kadang butuh binder clips untuk membantu mempertahankan posisi agar tidak bergeser.
    151220121444
  • Seperti ini hasilnya ketika kedua sisi dinding sudah direkatkan.
    151220121445
  • Lintasan dipasang di atas. Kemudian di sampingnya dipasang pembatas/penahan agar mobil tidak jatuh. Karena panjang katron terbatas, maka ada daerah sambungan. Sambungan ini perlu dicek agar roba mobil tidak terhambat.
    161220121446
  • Tonjolan yang ada seperti balok di samping itu adalah tempat buat menempelkan pembatas sisi lintasan.
    161220121450
  • Selanjutnya tinggal menutup sisi bawah yang masih bolong.
    161220121451 Bagian bawah/depan, sengaja saya biarkan terbuka. Malas bikin penutupnya..😀
    161220121452
  • Sampai di sini, lintasan sudah bisa dipake walopun belum selesai. Jadi, saya minta anak saya test drive dulu di lintasan itu.
    161220121454 Hasilnya lumayan,.. mobil meluncur dengan mulus. Tapi belum bisa lurus, karena memang belum ada pembatas di tengah.
  • Selanjutnya saya periksa kekuatan dan kekakuannya. Bagian ujung depannya saya pegang dan saya angkat.
    161220121455 161220121456
    Hasilnya…. tidak ada lem yang terlepas. Tidak ada lendutan yang besar. Jadi, struktur cukup kaku, stabil, dan kuat. (Gak pake hitungan… langsung loading test..😀 )
  • Biar lebih “cantik” di beberapa titik saya pasang pengaku (stiffener). Nggak ada fungsinya..😀
    161220121457
  • Terakhir, bikin pembatas median. Karton dupleks terlalu tebal. Kertas folio/hvs/A4, dsj terlalu tipis. Untung ada glossy photo paper nggak kepake. Saya pake itu sebagai bahan pembatas mediannya.
    161220121460 161220121461 161220121462
  • Selesai deh… Nggak kalah sama track hot wheels yang asli😀😀😀
    161220121466
    Ga bisa dibandingkan lah… Yang sebelah kiri di gambar di atas memang ada sistem mekaniknya sendiri jadi mobil bisa bergerak dengan tenaga dorongan dari pelontar yang ada di bawah. Energinya dari “engkol” yang diputar untuk memutar pegas keong yang ada di dalamnya. Jadi kalo pegas keongnya sudah kendur, tenaga pelontarnya juga berkurang.

Selesai….. anak saya pun menikmati balapan di track buatan babeh…….😀

161220121467

Next project: Membuat track hot wheels lagi.. tapi materialnya beda… Tusuk Es Krim. Sistemnya rangka, sama seperti rangka pemikul rel roller coaster.🙂

Konsepnya udah ada kok.. ada di tulisan saya yang lain. Silahkan cek di sini.🙂

 

btw… ngomong-ngomong saya (dan anak saya) punya mainan baru yang gak kalah seru dari ini. Ada di sini.

34 thoughts on “Track Hot Wheels Buatan Sendiri

  1. Nice share gan, Dicoba menggunakan kardus mungkin lebih mudah dan lebih kokoh, kebetulan saya sudah membuat 3 track hot wheels menggunakan kardus, dan hasilnya cukup memuaskan, untuk modelnya saya meniru hotwheels yg sudah saya koleksi, namun tidak persis sama karena sangat rumit. Sekarang saya sedang mencoba membuat model yg sama namun kali ini menggunakan triplek tipis, dan cukup sulit juga membuatnya, terutama pemotongannya hehe. Saya tunggu project lainnya gan🙂

  2. Thank you, bung ikram.
    Wah… tripleks agak ribet emang dari segi potong-memotong.

    Sekarang saya lagi coba dengan stick ice cream sebagai rangkanya. Sementara lintasannya tetap pake karton dupleks (lumayan kaku kok), nggak kayak karton manila.

    Tapi, proyeknya lagi tertunda, soalnya hot-wheelsnya dimasukin ke garasi dulu. Lagi di karantina..😀

  3. nice …gan… saya juga lagi buat dari karton duplex 270 gr …saya coba buat yang ditempel di dinding… buat si jagoan…hehehheheh

  4. bun ikram…saling sharing ilmunya yah… via email…. jadi semangat lagi nih buat tracknya..

    1. Sensasinya beda antara beli dengan buat sendiri… walopun yg beli pasti jauh lebih bagus.. tapi ada rasa puas kalo bisa bikin sendiri walopun jauh dari yg diharapkan..😀

  5. Lebar lintasannya lebih lebar dari tiang penyangganya ya .terus kalo isi pembatas median lintasannya harus lebih dari7cm ya

    1. Lebar tiang penyangga boleh sama dengan lebar lintasan, boleh lebih kecil.
      Kalo lebih lebar, jelek keliatannya.

      Isi pembatas median… kan tipis… yaaa pas 7cm juga gpp. Lebih dikit juga gpp.
      Intinya lebar bersih lintasan masing-masing lajur kurang lebih 3-3.5 cm. Terlalu lebar juga ga bagus.

  6. Di track saya pas bagian menuju lantai mobil nya loncat om please kasi tau tips biar mobil ga loncat pas turunan menuju lantai

    1. 1. Mungkin turunan pertama terlalu terjal, jadi mobilnya melaju cukup kencang waktu melintasi bagian yang cembung.

      2. Punya saya juga locat dikit tapi tetap mendarat di track. Ngga masalah sih. Kalo saya suka.

      3. Tergantung juga dari bobot dan roda hotwhellsnya. Ada yg bisa loncat ada yang nggak.

      4. Kalo memang ngga mau loncat sama sekali, coba tambahin cembungan sebelum bagian yang loncat tersebut. Tujuannya buat ngurangi kecepatan.

  7. Widih….bagus banget tapi… Saya ƍäª bisa buat soalnya malah bikin berantakan aja…. Nanti aku malah yang kena marah

  8. Om tracknya terdiri dari 3 bagian ya itu bagian pertama: tempat mobil meluncur dan langsung ke bagian ke tiga : tempat mobil menuju lantai terus berapa panjang alas kedua bagian tersebut

Silahkan...

