Mainan Baru Rakit Sendiri – Build & Play

Saya ada mainan baru lagi. Maksud saya, mainan buat anak saya… sekaligus buat bapaknya๐Ÿ˜€ hehehe.
Maklum.. masa kecil kurang bahagia.

Sebagian besar anak jaman sekarang sudah jarang “main fisik”. Mereka lebih senang main virtual, digital, maya, fantasi, dan sebagainya. Padahal permainan fisik itu jauh lebih menyenangkan.๐Ÿ˜€

Beberapa hari lalu saya ketemu sebuah mainan. Mungkin saya agak ketinggalan jaman, tapi mainan ini ternyata cukup menarik perhatian saya pribadi. Soalnya mainannya harus dirakit dulu. Sebenarnya mainan seperti ini sudah banyak. Bahkan salah satu mainan favorit saya dulu – mobil 4WD yang lebih dikenal dengan nama Tamiya – juga pada dasarnya adalah mainan rakit sendiri.

Tapi.. mainan yang satu ini beda. Merakitnya juga beda. Saya ngga mau banyak komentar lagi.. silahkan simak gambar di bawah yang menunjukkan proses perakitan mainan tersebut.๐Ÿ™‚

1. Ini adalah penampakan kotaknya.

001

 

2. Instruksinya ada di bagian belakang kotak

002

3. Jadi, 1 paket di atas berisi 3 unit mainan yang berbeda. Kali ini saya hanya memilih satu unit saja (unit-a) untuk ditampilkan di sini.

003

004

005

 

4. Ini adalah bagian-bagian khusus untuk unit-a yang merupakan sebuah helikopter.

006

Bagian-bagian tersebut saya pisahkan/kelompokkan untuk memudahkan pengerjaan,

007

 

5. Kita tidak membutuhkan peralatan dari luar. Karena tool tambahan juga sudah disediakan, misalnya kunci L dan kunci pas untuk mur-nya.

Ini adalah proses perakitannya.

008

009

010

011

012

013

014

 

6. Untuk bagian ekor ini agak sedikit sulit, karena kita harus menekuk sendiri pelat besinya. Kalo nggak hati-hati bentuknya bisa jelek dan paling buruk bisa patah.๐Ÿ˜ฆ

015

016

017

018

 

7. Sebenarnya, pada model aslinya, baling-baling yang ada di atas ngga bisa berputar bebas, karena baut yang dipasang harus dikencangkan. Jadi, baling-balingnya dalam posisi terjepit.

Tapi, bagian baling-baling itu sedikit saya akali. Di bawah pelat baling-baling, saya tambahkan mur (sebelum menyentuh silinder karet/plastik berwarna hijau), jadi pelat baling-balingnya tidak terjepit.

019

 

 

8. Inilah penampakannya setelah jadi

020

 

 

Mau lihat baling-balingnya yang bisa berputar bebas? Ini dia gambarnya…

 

cinemagraph-helicopter

*nb : diputarnya pake tangan lho ya.. bukan dengan tenaga baterai๐Ÿ™‚

 

Setelah selesai, saya serahkan sepenuhnya ke anak saya. Tugas saya selesai.. dan saya puas!!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

 

 

Catatan tambahan:

1. Harga mainan ini bervariasi. Untuk 1 paket isi 3 unit seperti gambar di atas, harga yang saya peroleh adalah Rp 117.000,-. Ada yang lebih murah, tapi unitnya kurang menantang (motor, dan kuda)

2. Ada juga yang dijual satuan, harganya berkisar Rp 40.000 s/d Rp 50.000

3. Kebetulan saya nemu mainan ini di Glodok Elektronik. Mungkin di toko-toko mainan lain sudah ada.

4. Penasaran dengan gambar/foto bergerak di atas? Itu bukan barang baru. Itu adalah image dalam format gif. Dalam “ilmu digital”, gambar bergerak tersebut dinamakan Cinemagraph. Ini gara-gara saya melihat review sebuah smartphone yang punya aplikasi Cinemagraph (memotret obyek tapi ada bagian yang bergerak, seperti foto di cerita Harry Potter). Silahkan cari di google untuk lebih lengkapnya.

Yang jelas, dengan perangkat seadanya (smartphone android biasa), saya coba cari aplikasinya dan ternyata ada. Namanya : Moving Memories.

 

Selamat mencoba.

2 thoughts on “Mainan Baru Rakit Sendiri – Build & Play

Silahkan...

