Bingung Pilih Capres? Pake Aplikasi Aja…

Bingung pilih capres? Sama dong.😀

Tapi saya sudah membuat sebuah tool, aplikasi, spreadsheet untuk melakukan kalkulasi dan analisis sederhana untuk menentukan pilihan capres yang sesuai kriteria dan keinginan kita. Hehe.. mau tau seperti apa bentuknya dan bagaimana cara pakenya? Simak…

Buat Daftar Kriteria

Yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar kriteria capres-cawapres yang terbaik menurut ANDA. Ingat ya… menurut ANDA PRIBADI, tanpa paksaan dan tekanan dari pihak lain.

Kriteria apa saja itu? TERSERAH! Mulai dari yang paling penting sampe ngga penting boleh dimasukkan.

Misalnya, saya sudah bikin kriteria sbb:

image

Coba lihat, kriteria “Ketampanan dan Postur Tubuh” juga saya masukkan. Yaa suka-suka saya dong… yang mau milih kan saya. Kalo anda punya kriteria yang lain silahkan dimasukkan sebanyak-banyaknya.

Beri Bobot Pada Setiap Kriteria

Berikutnya, beri bobot pada setiap kriteria yang sudah dibuat. Skalanya 1-10. Skala 1 untuk kriteria yang paling ngga penting, dan skala 10 untuk kriteria yang paling penting.

Bisa saja ada beberapa kriteria mempunyai bobot yang sama, ngga masalah.

Saya sudah ngasih bobot kriteria di atas seperti di bawah ini.

image

Ngga ada yang boleh protes, karena ini adalah MENURUT PENILAIAN SAYA, kan saya yang mau milih.😀 Tiap orang punya standar penilaian/bobot yang beda-beda.

Bisa jadi untuk pemilih usia muda alias para abg mau ngasih bobot tinggi untuk Ketampanan dan Postur Tubuh. Itu sah-sah aja kok. Hehe..

Beri Nilai Pada Masing-Masing Calon

Nah, setelah itu barulah kita beri nilai pada masing-masing calon sesuai kriteria yang ada.

Skala nilainya adalah –1 sampai 5.

Kalo kriteria tersebut memberikan nilai tambah bagi si calon, silahkan memberi nilai positif (dari 1 s/d 5) tergantung levelnya.

Kalo kriteria tersebut biasa-biasa saja, ngga terlihat menonjol pada si calon, ngga ada efeknya, yaa kasih nilai 0.

Sementara kalo kriteria tersebut justru menjatuhkan si calon, yaa tinggal kasih nilai –1.

Misalnya, kriteria “Ketampanan dan Postur Tubuh”. Si Calon A punya wajah tampan dan bodi atletis dan bergelombang seperti gitar, silahkan beri nilai 5. Trus si calon C mungkin wajah oke, dan postur biasa saja, boleh kasih nilai lebih rendah dari si Calon A. Dan mungkin juga ada calon yang wajah dan posturnya sangat tidak pantas jadi Presiden, pokoknya malu-maluin lah… silahkan jadikan itu sebagai faktor pengurang, kasih nilai –1.

Misalnya lagi, ada kriteria “Hobi Musik”, kalo ada calon yang terang-terangan suka nyanyi, bikin lagu, nonton konser, masuk infotainment musik, jago niup seruling, dll… bolehlah kasih nilai 5. Tapi kalo ada calon yang kalo nyanyi nada Do rendah sampe Do tinggi ngga ada bedanya, bikin gendang telinga membeku, silahkan jatuhkan dengan nilai –1.

Ini adalah beberapa contoh nilai yang sudah saya masukkan ke beberapa calon.

image

(silahkan klik gambar untuk melihat ukuran aslinya)

Nah, di sini penting, karena dalam penilaian ini, ngga ada faktor emosional. Misalnya nih, kita terlalu fanatik dengan salah satu calon, bisa saja kan kita ngasih nilai lebih dari 5, misalnya 10, 90, 100, dll. Atau sebaliknya, ada satu calon yang kita ngga suka banget, trus mau dijatuhkan skornya, kita ngga bisa ngasih nilai terlalu negatif, cukup –1 saja. Toh ada faktor bobot juga yang pengaruh.

Skor Akhir

Skor akhir ini dihitung dengan formula:

image

bi = bobot masing-masing kriteria

si = nilai tiap-tiap kriteria

n = jumlah kriteria

Nah… ketahuan deh skor akhirnya…

image

Kalo udah gini, ngga usah bingung lagi mau pilih pasangan yang mana.

Overview

  1. Kalo pake hitungan ini, insya Allah mengurangi faktor emosional karena fanatisme berlebihan, parno berlebihan, pengaruh kampanye gelap, gosip tak berbukti, dll sebagainya yang sering bikin kuping panas.
  2. Skor ini bisa diupdate terus sesuka anda sesuai dengan perkembangan informasi dan keyakinan anda. Misalnya hari ini anda melihat si Calon A ganteng banget, kasih nilai 5. Tiba-tiba besok dia cukur plontos dan anda menjadi mual, silahkan ganti menjadi 0 atau –1.😀😀
  3. Anda bebas memodifikasi angka-angka yang ada di bobot dan nilai. Bebas menambah kriteria sesuai keinginan anda.
  4. Apapun hasilnya dari hitungan ini, jika anda ikuti, anda akan puas, meskipun kalo nantinya calon yang anda pilih ternyata gagal, tapi setidaknya anda ngga akan terlalu kecewa dan bisa jadi malah senang karena bisa memilih dari hasil buah pemikiran anda sendiri.
  5. Aplikasi ini bisa mengubah rencana anda lho. Saya buktinya. Tadinya saya mau pilih si Juki sebagai presiden. Begitu saya pakai aplikasi ini, ternyata skor calon-calon lain lebih tinggi. Kecewa? Ngga juga, sama sekali ngga. Malah dari situ saya bisa membaca dan berkaca, memang calon yang lain lebih baik. Tapi mana yang saya pilih? Itu belum final, karena kriteria dan nilai ini akan terus saya update, saya tambah, seiring menjamurnya informasi.

 

Terakhir… anda penasaran dengan aplikasi/spreadsheetnya? Tenang saja, saya ngga omong doang…

Silahkan didownload dan disebarluaskan sesukanya…mumpung GRATIS!!!

DOWNLOAD DI SINI

2 thoughts on “Bingung Pilih Capres? Pake Aplikasi Aja…

    1. 😀😀 Si Juki memang muncul di Real Masjid. Tapi itu bukan bikinan saya, saya cuma salah satu fans si Juki.😀

      Si Juki (beranibeda.sijuki.com) itu salah satu capres tahun ini, cuma dia belum diakui aja sama KPU…

      Saya juga bukan komikus,🙂 Saya cuma seorang anti-mainstream-engineer

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s