Tipe Pendukung Seperti Apakah Anda?

Luar biasa ya. Menjelang pilpres buanyak buanget penduduk yang berkoar-koar di mana-mana… Entah itu di media sosial, media resmi, tulisan lepas, sampai obrolan sehari-hari. Ada yang semangat mendukung salah satu capres. Ada yang cukup jadi secret admirer aja, biar Tuhan dan dia yang tau apa yang akan dipilih. Ada yang malu-malu kucing. Macam-macam pokoknya.

 image

Tapi yang paling banyak saya perhatikan adalah… pendukung yang sangat jelas memperlihatkan dukungannya pada salah satu capres, sangat yakin dengan capres pilihannya, sering mengagung-agungkan kekuatan capresnya… dan sesekali mencari kelemahan dan aib capres lain dan mengumbar-umbarnya di depan umum.

PERTINYIINNYI!!!

Yang ada di benak saya sangat sederhana…

Kalau capres pilihan mereka nantinya BERHASIL menjadi presiden, tapi KINERJA-nya kurang memuaskan (yaaa Presiden kan juga manusia)…apa yang akan mereka (para pendukung.red) akan lakukan?

Mari kita simak..

Bertanggung Jawab

Kelompok pertama adalah pendukung yang bertanggung jawab. Kalo memang nanti Presidennya mengecewakan, mereka akan berusaha mengkritik, menyuarakan aspirasi, atau apapun itu untuk menyentil Presiden pilihan tersebut. Terserah caranya seperti apa, bisa dengan nulis surat terbuka, datang ke DPR, bikin lagu, masuk tipi,… pokoknya 1001 cara akan dia kerahkan demi meluruskan kembali atau mengingatkan Presiden tersebut.

Nah…saya sangat yakin, tipe seperti ini termasuk pendukung yang langka, jarang ditemukan. Dan inilah tipe pendukung yang benar. Malah yang lebih berhak mengkritik Presiden terpilih adalah justru para pemilihnya.

Berhianat

Kelompok yang kedua adalah pendukung tipe penghianat. Begitu Presidennya meyimpang dari cita-cita awal, mereka pura-pura tutup muka, tidak mau tau dan tidak mau ingat kalo dia pernah memilih Presiden itu. Dia tidak mau di-bully oleh pendukung yang dulunya tidak memilih Presiden tersebut.

Tipe pendukung seperti ini tidak sedikit juga.

Munafik

Kelompok ketiga adalah pendukung munafik. Waktu masa kampanye dia aktif mendukung dan mengajak orang-orang agar mengikuti pilihannya. Tapi, begitu Presidennya mengecewakan, mereka tidak mengkritik, tapi sebaliknya ikut-ikutan menghujat bersama barisan pendukung oposisi, mereka sibuk dengan urusan pribadi masing-masing, mereka juga ngga mau tau, pura-pura peduli tapi ngga ada action. Kalopun ada action, itu cuma basa-basi, ngga ada artinya, pepesan kosong.

Tipe pendukung ini yang paling banyak ditemui…

Termasuk saya… dan anda…😀😀

image

nb: anda akan menemukan paradoks di sini…

Saya secara jujur mengaku kalo termasuk pendukung munafik. Bukankah ciri orang munafik tidak berkata jujur? Jadi, saya jujur atau tidak jujur? Munafik tapi jujur. Jujur tapi munafik. Bingung?

Sama…

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s