Pangsit Enak di Makassar

Makassar – which is kampung halaman saya😀 – merupakan salah satu kiblat kuliner nusantara. Petualangan kuliner adalah salah satu yang mengisi agenda utama bagi siapa saja yang mengunjungi Makassar, terutama yang berasal dari pulau yang berbeda.

Kalau mendengar istilah kuliner Makassar, orang-orang akan mengarahkan fokus ke makanan-makanan khas seperti coto makassar, sop konro, otak-otak, jalang kote (sebangsa pastel tapi dengan kulit yang lebih tipis), pisang ijo, mie kering, dan masih banyak lagi.  Dan biasanya… mereka sudah punya beberapa referensi lokasi di mana mereka harus merapat untuk menikmati makanan-makanan di atas.

Nah… salah satu makanan yang jarang diperbincangkan adalah Pangsit. Kalo di luar Makassar – Jakarta dan sekitarnya misalnya – istilah “Pangsit” biasanya hanya refers to makanan yang dibalut kulit khusus (yaa kulit pangsit) dan diisi dengan campuran/adonan daging, rempah-rempah, dll.. Pangsit itu biasanya disajikan dengan cara direbus atau digoreng, dan penyajiannya biasanya satu paket dengan mie kuah… entah itu mie ayam, mie bakso, atau mie berkuah lainnya. Mie goreng pangsit sepertinya jarang ditemui.🙂

Mie Pangsit memang jarang terdengar di Makassar, karena memang bukan makanan khas. Di daerah lain juga ngga sulit ditemui. Tapi, seperti halnya jenis masakan umum lain, seperti Mie Bakso, Mie Ayam, Nasi Goreng, Nasi Kuning, dll… tiap daerah biasanya punya tempat referensi khusus untuk makanan-makanan umum tersebut.

Langsung ke pokok masalah…. So? di mana kita bisa menemukan Mie Pangsit yang recommended di Makassar?

Ini bukan promosi, bukan jualan, dan saya ngga punya kepentingan di sini… (setidaknya untuk saat ini.. hahaha). Ini hanya didasarkan pada personal experience selama dibesarkan di kota Makassar. Di antara berjuta-juta (lebay!&^%) mie pangsit yang pernah masuk ke perut saya – baik itu pangsit komersil maupun non komersil – paling tidak ada satu mie pangsit yang nyantol di hati😀😀 Soalnya seingat saya, saya ngga pernah makan pangsit sampe dua porsi selain pangsit yang ini… dan itu kejadiannya kira-kira  15 tahun silam.

Di tahun ini, rupanya pangsit istimewa itu muncul di salah satu menu di tempat makan (istilah kerennya sekarang cafe & resto) di Makassar. Lokasinya berada di tengah-tengah kawasan bisnis dan komersial di wilayah Panakukang Mas. Nama kedainya adalah Rumah Kaka – Bakery & Resto. Pangsit itu pun diberi nama istimewa sesuai dengan rasanya… Pangsit Ibu.

Jadi, kalo kebetulan anda berada atau memang merencanakan mengunjungi kota Makassar, saya ngga maksa anda datang ke sana😀 Tapi , saya akan membuat anda penasaran dengan Pangsit Ibu…. hahahaha…

pangsit-rumah kaka  rumahkaka

6 thoughts on “Pangsit Enak di Makassar

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s