Sudah Profesional-kah Saya?

ilustrasi-insinyur

Ijinkan saya mengutip terjemahan istilah "professional" dari kamus merriam-webster sebagai berikut:
Professional/Profesional bisa berupa kata sifat (adjective) dan bisa berupa kata benda (noun). Sebagai noun, kata profesional berarti seseorang yang:

  • melakukan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, keahlian, ilmu, dan pengetahuan tertentu,
  • pekerjaan itu telah dilakukan dalam waktu yang cukup lama (sudah berpengalaman), dan
  • dibayar untuk melakukan pekerjaan tersebut, atau memberikan penghasilan/keuntungan.

Jadi, ada 3 keywords-nya: EDUCATED/TRAINED, EXPERIENCED, dan PAID.

Mau dibahas satu per satu. Kita buka diskusi aja kali yaπŸ˜€

  1. Educated/skilled/trained… atau, bisa kita ringkas dengan certified.
    Ada suatu kasus, di dunia konstruksi, khususnya di tingkatan menengah ke bawah, kadang kita mendengar badan usaha yang berjenis General Contractor, atau kalo saya istilahkan Kontraktor Serba BisaπŸ™‚ Tidak sedikit dari mereka mempunyai paling tidak seorang tenaga ahli. Namun, kadang tenaga ahli tersebut mempunyai latar belakang pendidikan yang bukan dari teknik sipil atau arsitektur. Paling dekat yaa mungkin dari teknik elektro, atau teknik mesin.

    Bahkan saya pernah ketemu seorang kontraktor yang lulusan sarjana akuntansi. Dan dia konon mewarisi "ilmu konstruksi"nya dari mantan atasannya yang memang seorang kontraktor beneranπŸ˜€
    Ngga ada yang salah… tapi agak absurd rasanya jika kita memberikan sebutan konstruktor profesional kepada sang sarjana akuntansi tersebut, walaupun dia sudah punya ilmunya (non-formal).
    Jadi? Apakah orang seperti ini nggak bisa jadi seorang profesional?
    Bisa saja. Dan sekarang (rencananya) sudah ada jalur untuk orang-orang seperti itu. Mereka cukup men-sertifikasi-kan dirinya ke lembaga profesi yang sesuai. Mereka akan melewati proses assesment (penilaian) tertentu, dan dari hasil itu bisa ditentukan apakah mereka layak disebut sebagai seorang prefesional.

  2. Experienced.
    Ini sudah jelas… seorang fresh-graduated tentu belum pantas disebut sebagai profesional, walaupun dalam studinya dia memperoleh prestasi dan predikat yang sangat memuaskan.
    So? Berapa lama minimal seseorang bekerja sehingga bisa disebut profesional? Umumnya 3-5 tahun adalah waktu yang dirasa cukup bagi seseorang untuk beradaptasi di dunia kerja, kemudian belajar mengatur diri sendiri, bertanggung jawab, dan punya kemampuan memberikan solusi, walaupun itu di tingkatan yang paling dasar.

    Contoh lain, seorang atlit yang baru memulai latihan pelatnas pertama kali, belum bisa disebut prefesional. Tapi jika dia sudah berkali-kali turun langsung di kompetisi dan berbagai ajang, sehingga mental, wawasan, strategi, kedewasaannya sudah terbentuk, itu baru bisa disebut atlit profesional.

  3. Dibayar atau menghasilkan sesuatu (baca: uang)
    Kenapa profesional harus dibayar? Jawabannya sederhana, karena kalo ngga dibayar itu namaya sukarelawan.πŸ˜€
    Dalam kasus-kasus tertentu, seorang profesional kadang berganti status menjadi sukarelawan, tapi itu sifatnya sementara.

    Di sebuah media sosial, saya pernah melihat curhat seorang Graphic Designer, dia memberkan suatu rumus sbb:
    DESIGN = IDEA + TIME
    TIME is PRECIOUS, while IDEA is PRICELESS…
    How come most people assume that DESIGN = FREE??

PII

Sebenarnya ada satu lagi, tapi ngga ada hubungannya secara langsung dengan profesionalisme, yaitu passion. Passion ini tidak terukur, dan lebih bersifat personal. Biasanya passion ini berpasangan dengan etika.

So, dari keterangan di atas, sepertinya kita sudah bisa menilai diri kita sendiri…apakah sudah layak disebut sebagai seorang profesional.

Kalau memang sudah layak… satu saran saya… segera patenkan profesionalisme anda sehingga nilai jual anda menjadi bertambah

πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s