Speechless…

Baru juga saya tulis beberapa waktu lalu… hari ini kejadian lagi Open-mouthed smile. Di sebuah media sosial, dua orang sedang beradu argumen, membahas dua golongan yang sudah lama berseteru. Yaaa… kita sebut saja Pandawa vs Kurawa.

Salah satu orang itu mendukung Pandawa. Dia menuliskan argumen tentang keburukan Kurawa, pokonya semacam pandangan negatif terhadap Kurawa. Tiba-tiba ada kawannya yang merespon, “jangan pikiran negatif gitu bro”.

Tanpa ba-bi-bu, si pendukung Pandawa tersebut langsung memberi label si kawan tersebut dengan sebutan pendungkung Kurawa, hanya gara-gara statement yang ngga sejalan, mengajak untuk tidak berpikiran negatif.

Kalo misalnya saya berada di posisi netral, ngga memilih salah satu di antara keduanya – terlepas mana yang lebih benar, lebih hebat, lebih baik – saya mungkin akan menarik respect saya dari si pendukung Pandawa tersebut, walaupun faktanya menyebutkan Pandawa-lah yang lebih hebat dari Kurawa (Kurawa menang jumlah aja). Tapi sikap arogansi pendukung yang seperti itu yang capek ngeliatnya. Mendukung secara berlebihan itu sangat sah… tapi dengan gampangnya memberi label kepada orang lain? Sok tau bener ya?

2015-09-28_213745

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s