Bedah Laptop


Udah lama ga main beginian. Dulu waktu kuliah paling suka liat jeroan komputer. Malah kadang komputernya dipake sambil “telanjang”, ga dipakein casing.

Nah, kalo laptop mana bisa ditelanjangin.

Eniwei, ini sebenarnya lagi menanganu kasus yang sering terjadi, overheat, alias kelebihan panas, sampe beberapa kali sempat mati sendiri. Ini tandanya udah gawat.

Akhirnya didiagnosa, awalnya kirain cuma fan yang kotor. Setelah dibersihkan ternyata gejalanya masih muncul. Coba dioprek lebih dalam lagi… wah.. Ternyata ini, thermal grease nya sudah “jelek”. Jadi perpindahan panas dari processor ke heatsink ngga optimal, panasnya numpuk di processor, wajar aja kalo suka KO mendadak.

Untuk thermal grease gampang didapat di toko-toko asesoris komputer. Pilih yang speknya agak bagus, dapat bonus spatula buat bersihin grease lama..lumayan.

Mari kita kerjakan!!

Silahkan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s