Peta Online. Pilih Yang Mana?

Old Maps

Jaman dulu, peta dibuat di atas kertas dan isinya pun bisa dibilang sangat kasar. Hanya kerajaan atau pemerintah yang membuat peta, dan tujuannya adalah untuk kepentingan politik, strategi perang, menentukan batas wilayah, atau sekedar menggambarkan posisi dan keadaan alam di wilayah tersebut,

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau doeloe Indonesia dijajah oleh Belanda, jadi peta wilayah Indonesia pun di-generate oleh pemerintah Belanda. Ternyata menggambar peta wilayah Indonesia itu tidak gampang…

Old Indonesia 2

Old Map of Indonesia

Old Map Indoensia

Old Indonesia 1

Mungkin anda berpikir… “kayak gambar anak SD”.. 😀 Tapi, setidaknya prediksi mereka terhadap “bentuk” daratan dan lautan sudah mendekati yang sebenarnya, apalagi kalo dipikir-pikir peralatan ukur jaman itu apa adanya, cuma pake tombak dan kompas 😀

Continue reading “Peta Online. Pilih Yang Mana?”

Advertisements

Kami Menawarkan Penawar Terhadap Penawaran

Anda sering menerima panggilan telepon yang menawarkan sesuatu? Sesuatu yang saya maksud di sini bisa berupa apply kartu kredit, atau mungkin program-program tertentu dari kartu kredit, misalnya program wisata, asuransi, dll. Kalo panggilan semacam itu datangnya 3-4 bulan sekali sih yaaa ngga masalah kali ya. Tapi kalo hampir tiap minggu gimana? Malah hari-hari weekend juga kadang masih ada panggilan serupa. Mereka kok ngga libur ya? Kadang kesel. Tapi mau gimana lagi, itu memang sudah pekerjaan mereka.

customer services representative

Continue reading “Kami Menawarkan Penawar Terhadap Penawaran”

Belum Haji, Tapi Udah Pernah Pake Pakaian Ihram?

Saya belum!.Tapi anak saya sudah! 😀

Biasanya tiap hari Jumat saya membuat tulisan untuk saya renungi sendiri. Jumat kali ini, saya nggak punya materi… 😀 Ada sih, tapi… saya mau kasih kesempatan buat anak saya dulu untuk berbagi apa yang dia lakukan pagi ini… Biarlah foto-foto di bawah yang berbicara.

191020121281 191020121284 

Continue reading “Belum Haji, Tapi Udah Pernah Pake Pakaian Ihram?”

Ketinggalan Handphone… Problem?

Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan hape”, itu kata sebagian besar orang. Saya ngga bisa memahami apa maknanya. Apakah handphone memang lebih berharga daripada dompet? Apakah handphone memang lebih berguna daripada dompet? Kalo kita mau selidiki lebih jauh, memang pernyataan tersebut hampir ada benarnya bagi sebagian besar orang. Apa saja alasannya? Simak..

image

Continue reading “Ketinggalan Handphone… Problem?”

Foto #2 – U Pe Ha

UPH, Universtitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Banten. Dua hari terakhir saya menghabiskan waktu berkunjung ke sana. Yang jelas kunjungan kali ini benar-benar penuh harapan… 🙂 Kebetulan rekan-rekan mahasiswa teknik sipil di sana lagi bikin acara Civil Engineering Week, yang isinya rangkaian kegiatan selama sepekan yang berhubungan dengan teknik sipil.. (Ya iyalah… masa anak teknik sipil bikin kegiatan tata rias kecantikan…. yang bener aja, gan!!)

151020121260

 

Continue reading “Foto #2 – U Pe Ha”

Menunggu Hidayah? Yakin?

hidayah Sering kita mendengar istilah… “belum dapat hidayah”. Pertanyaannya adalah, apakah yang bersangkutan memang pernah meminta hidayah? Apakah yang bersangkutan pernah benar-benar menginginkan hidayah?

Mungkin… kita memang sudah sering mengucapkan doa.. “ya Allah, berilah aku hidayah dan petunjuk…”, atau doa sejenis itu. Tak terhitung sudah doa yang sudah keluar dari mulut kita. Lalu… kenapa hidayah itu belum datang-datang juga?

Ternyata eh ternyata… hidayah itu serupa tapi tak sama dengan rejeki… Tidak hanya harus selalu DIMINTA, tapi juga DICARI. Berdoa itu bagus, tapi kalo berdoa sepanjang hari tanpa melakukan usaha untuk mendekati apa yang kita inginkan, itu ngga ada gunanya. Bukankah rumusnya doa + ikhtiar = terkabul? 🙂

Jadi, percuma saja kalo setiap shalat kita memohon hidayah dan petunjuk, tapi setelah itu kita larut lagi dalam aktivitas dunia, mencari nafkah, bermuamalah, mencari rejeki, menjalin silaturahmi dengan kerabat, dll. Nggak salah sih. tapi coba cek, apakah ada di antara aktivitas kita sehari-hari yang termasuk di dalam kategori khusus “ikhtiar atau usaha dalam mencari atau menjemput hidayah”? Secara langsung ngga ada. Padahal banyak yang bisa kita lakukan untuk menjemput hidayah tersebut.

  1. Mendatangi mejelis-majelis ilmu.
    Wah.. ini mungkin susah. Terutama buat kita yang sebagian besar siang hari kita dihabiskan di lingkungan kantor. Walopun demikian, kita masih punya kesempatan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan di mana kita bisa menambah ilmu dan wawasan kerohanian kita. Pengajian rutin di lingkungan kantor dan sejenisnya adalah wadah yang tepat. Alhamdulillah di tempat kerja saya ada pengajian rutin 2 mingguan, tapi kok sejak ramadhan berakhir kegiatan tersebut belum jalan lagi?? Continue reading “Menunggu Hidayah? Yakin?”